SEKOLAH DAN REKAN SEJAWAT GURU SEBAGAI SUMBER



RESUME MODUL 4
SEKOLAH DAN REKAN SEJAWAT GURU SEBAGAI SUMBER
A.    KERJA SAMA
Tujuan sekolah dalam mengelola dan mengorganisasikan kegiatannya adalah membangun kerja sama dan saling pengertian yang kokoh dan baik baik didalam sekolah itu sendiri maupun dengan sekolah lain. Kerja sama merupakan usaha untuk meningkatkan dan memperluas sumber belajar.
Menciptakan sumber belajar, dan sumber daya merupakan faktor penting bagi sekolah-sekolah di daerah terpencil yang menghadapi berbagi kesulitan dan keterbatasan. Oleh karena itu, kerja sama diarahkan kepada :
1.      Kerja sama antara guru dan kepala sekolah yang terpusat pada pembagian tugas mengajar dan kerja administrasi.
2.      Kerja sama sekolah diarahkan untuk membangun Pusat Sumber Belajar (PSB).
3.      Kerja sama dengan orang tua dan masyarakat diarahkan untuk menciptakan iklim di mana sekolah adalah milik bersama.
4.      Kerja sama dengan penilik, Kepala Cabang Dinas (KCD) pendidikan dan Komite sekolah setempat sebagai pembina.
B.     MEMBANGUN IKLIM  KERJA SAMA
Dalam merencanakan kerja sama, langkah yang perlu dilakukan adalah mengetahui dan mengidentifikasi potensi yang mungkin dapat digerakkan untuk kepentingan pendidikan. Beberapa hal yang dapat digunakan untuk membangun kerja sama dengan pihak lain yang terkait.
1.      Mengumpulkan Data Statistik dan Sumber Informasi
2.      Melakukan Negoisasi (Perundingan)
3.      Memberikan Peranan Nyata
4.      Melaporkan Keadaan Sekolah
5.      Memberi Tanda Penghargaan
C.     MELAKUKAN KERJA SAMA DENGAN SEKOLAH DAN REKAN SEJAWAT GURU
Perlu disadari kita sebagai guru mempunyai kelebihan dan kekurangan. Kerja sama dimaksudkan untuk memanfaatkan kelebihan dan saling mengatasi kekurangan.
Anda sebagai guru tentu memahami betul kondisi dan keadaan sekolah dan hal ini dapat mempengaruhi anda dalam menjelaskan proses pembelajaran. Ada kalanya anda melihat kekurangan di sekolah anda misalnya, kekurangan tenaga kerja guru sehingga anda harus mengajar merangkap beberapa kelas sekaligus, atau siswa tidak memiliki buku sumber, atau anda tidak mempunyai buku pedoman guru secara lengkap atau anda yang berijazah SGO atau PGA tetapi bertugas sebagai guru kelas merasa kewalahan dalam mengajar atau tidak menguasai materi matematika dan IPA karena anda dulu tidak pernah mendapatkan pelajaran tersebut.








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP

Sekolah                       : SDN .........
Mata Pelajaran            : IPA Kelas 2 semester 1
                                                  IPS Kelas 3 Semester 1
Alokasi Waktu            : 2 x 35 menit


I.              Standar Kompetensi
Kelas 2 (IPA)
Mengenal bagian-bagian utama  tubuh  hewan  dan tumbuhan,  pertumbuhan hewan dan tumbuhan  serta berbagai tempat hidup makhluk hidup
Kelas 3 (IPS)
 Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah.

II.           Kompetensi Dasar
Kelas 2 (IPA)
       1.1    Mengenal  bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan
Kelas 3 (IPS)
1.1    Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah

III.        Indikator
Kelas 2 (IPA)
1.1.1             menyebutkan bagian-bagian utama hewan di sekitar rumah dan sekolah
1.1.2             menjelaskan fungsi bagian-bagian utama hewan disekitar sekolah
Kelas 3 (IPS)
1.1.1        menyebutkan contoh lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah
1.1.2        menjelaskan kegunaan lingkungan dan alam bagi kehidupan sehari-hari

IV.        Tujuan Pembelajaran
Kelas  2 (IPA)
1.        Melalui pengamatan gambar siswa dapat menyebutkan bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah dengan benar
2.        Melalui tanya jawab dan diskusi siswa dapat menjelaskan fungsi bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan disekitar sekolah dengan benar.
Kelas 3 (IPS)
1.        Melalui tanya jawab dan diskusi siswa dapat menyebutkan contoh lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dengan benar
2.        Melalui pengamatan gambar dan diskusi siswa dapat menjelaskan kegunaan lingkungan dan alam bagi kehidupan sehari-hari dengan tepat.

3.             Materi Ajar
Kelas 2 (IPA)
Bagian tubuh hewan dan tumbuhan
Kelas 3 (IPS)
Lingkungan alam dan buatan

4.             Metode dan Model Pembelajaran
Diskusi, Tanya Jawab, Ceramah, Tugas
Model Think Pair Share
Mind Mapping

5.             Kegiatan Pembelajaran
No.
Kegiatan Kelas 2 (IPA)
Kegiatan Kelas 3 (IPS)
A
Pra Kegiatan (10 Menit)
Pra kegiatan

1.     Salam
2.     Do’a
3.     Presensi
 Pengkondisian kelas baik secara fisik dengan merapikan tempat duduk (dijadikan 1 kelas), kemudian kelas 3 diminta untuk pindah ke kelas asal
B
Kegiatan Awal (5 menit)
Kegiatan Awal (5 menit)

1.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan pokok pembelajaran yang akan dibahas
2.    Guru memberikan apersepsi dengan megajak siswa menyanyikan lagu Helli
1.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan pokok pembelajaran yang akan dibahas serta  memotivasi siswa
2.    Guru memberikan apersepsi dengan mengajak siswa menyanyi “naik-naik ke puncak gunung”
C
Kegiatan Inti
Kegiatan Inti

Eksplorasi 
Eksplorasi

a.    Guru menulis judul materi di papan tulis, kemudian menunjukkan gambar-gambar hewan
b.    Guru dan siswa melakukan tanya jawab mengenai gambar yang telah dipasang
a.    Guru melakukan tanya jawab mengenai lingkungan alam dan lingkungan buatan di sekitar rumah.
b.    Beberapa siswa diminta maju untuk menuliskan contoh lingkungan alam di sekitar rumah

Elaborasi
Elaborasi

a.    Siswa menjawab pertanyaan guru sesuai dengan isi gambar dan kemudian guru menuliskannya di papan tulis
b.    Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai bagian utama hewan
c.    Siswa diminta berdiskusi dengan teman sebangku untuk membahas fungsi dari bagian tubuh hewan tersebut.
d.   Guru memperjelas materi pembelajaran.
a.    Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang beranggotakan 3-4 orang
b.    Guru membagi potongan kertas yang berisi gambar lingkungan alam dan lingkungan buatan.
c.    siswa menganalisis gambat tersebut, kemudian menempelkan jawaban pada peta konsep yang telah disediakan guru.
d.   siswa mendiskusikan kegunaan lingkungan alam dan buatan yang telah ditempel di peta konsep

Konfirmasi
Konfirmasi

a.    siswa melaporkan hasil diskusi
b.    guru dan siswa menarik kesimpulan
a.    mendiskusikan hasil kerja kelompok
b.    menyimpulkan hasil diskusi
D
Kegiatan Akhir
Kegiatan Akhir

a.    guru memberi soal evaluasi
b.    guru mengoreksi pekerjaan siswa
c.    guru memberi motivasi kepada siswa
a.    guru memberi kesempatan siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang jelas
b.    menyimpulkan pembelajaran
c.    guru memberi tes evaluasi
d.   guru dan siswa mengoreksi hasil tes
e.    guru memotivasi siswa.


6.             Sumber dan Media Pembelajaran
Media                            :
-          Gambar – gambar hewan
-          Gambar-gambar lingkungan alam dan lingkungan buatan
-          Papan tempel (Konsep Mind Mapping)
 Sumber belajar              :
-          Buku Mari Belajar IPA untuk kelas 2 Sekolah Dasar oleh  Sjaeful Anwar dan Cucu Suhendar
-          Buku Ilmu Pengetahuan Sosial kelas 3 Sekolah Dasar oleh Sunarso dan Anis Kusuma

7.             Penilaian
A.    Prosedur Penilaian
1.      Tes dalam proses     : pada saat pembelajaran
2.      Tes akhir                  : tes Evaluasi
B.     Jenis Penilaian
1.      Tes Lisan
2.      Tes tertulis
C.     Alat Penilaian
1.      Soal (Terlampir)
2.      Kunci Jawaban
3.      Pedoman Penilaian




Pandeglang,     25  April     2013

 Mengetahui,
 Kepala Sekolah                                                                                              Guru Kelas,


Komentar

Postingan Populer